FEMINISME SITA DAN DONA DONA


Sudah empat kali saya nonton film Gie tapi tak semua isi ceritanya saya pahami. ini barangkali berkaitan dengan pengetahuan sejarah saya yang masih payah. Kecuali satu adegan yang saya anggap sebagai adegan favorit. Yaitu ketika sita RSD (berperan sebagai Ira) menyayikan lagu dona donanya Joan baez yang juga merupakan lagu kesayangan Soe hoek gie. Kenapa dikatakan favorit, karena 1. Ketika Sita menyanyi ia tampil sangat feminim. Dengan dandanan yang tidak terlalu mencolok seperti memakai rok panjang dan atasan biasa saja, benar benar membuat ia terlihat amat cantk. Benar benar mencerminkan tipe wanita idaman saya. Kedua lirik lagu dona dona yang dibawakan Sita terutama bait terakhirnya

“calf are easyly boundand slaughter
never knowing the reason why
but who ever freedom treasure
like the swallow must learn to fly”


Lirik yang berbicara dalam bahasa simbolis. Kalau diuraikan maknanya adalah seseorang tidak boleh begitu saja pasrah menerima nasib buruk. karena kalau ia melakukannya maka nasibnya akan berakhir seperti anak lembu yang mati ditempat jagal. justru ia harus bangkit. seperti burung burung walet yang telah belajar terbang karena mereka amat merindu kebebasan. Sita dan lagu dona dona adalah perpaduan yang serasi, saya suka. Makanya tiap malam sebelum tidur lagu itu selalu diputar

Komentar

siska mengatakan…
ehm ... jadi dikau suka yang manis n feminim gitu ya ...
ditambah bisa maen gitar n nyanyiin lagu dona-dona?? hehehe
btw ... aku juga suka lagu itu...
sifa mengatakan…
wah sanur sk tipe cwek yg spt tu ya...

film gie adh salah satu film favorit sifa,lagu tersebut emng menyentuh banget,ku jg suka..

jd seorang wanita emng kita ga boleh pasrah menerima keadaan,biarpun wanita kita harus berjuang untuk terbang bebas,mengepakkan sayap tp tetap ada batasnya, jangan pernah lupakan kodrat utamanya.. ^_^

smg bs temuin cwek idaman km sanur..

Postingan Populer