16 Mei, 2009

RAHASIA AWET MUDA

Posted by Suguh Sabtu, Mei 16, 2009, under | 2 comments


Berapa banyak orang yang merasa tua padahal masih muda ? dan berapa banyak orang yang merasa masih muda padahal usianya sudah tua ? Tua atau muda dalam kamus motivasi adalah relatif. Ada orang yang mati tua pada usia dua puluh lima tahun tapi ada juga orang yang mati muda pada usia delapan puluh lima tahun. Kenapa bisa demikian ?

Myron J Taylor berkata, “Muda atau tua tidak bergantung pada tanggal suatu masa, tetapi keadaan jiwa. Tugas kita bukanlah menambah usia pada kehidupan. Tetapi menambah kehidupang pada usia”. Orang yang bertambah usia tanpa dibarengi dengan bertambah pengalaman, wawasan, pengetahuan dan kebijaksanaan, meskipun ia masih berumur dibawah tigapuluh tahun maka itulah orang tua. Anak anak muda yang menyia nyiakan masa mudanya dengan gaya hidup salah, mengkonsumsi makanan tidak sehat, minum minuman keras, menghirup udara kotor, malas berolah raga dan berfikiran negatif itulah sebenarnya orang orang berfisik muda tapi berjiwa tua. Namun lain halnya dengan mereka yang masih bersemangat diusia senja sambil terus berfikiran positif, bersikap terbuka terhadap segala hal yang bermanfaat dan jiwanya selalu bergelora untuk terus berkarya serta memberikan yang terbaik untuk diri, keluarga dan lingkungan, walaupun telah berusia senja itulah orang orang muda sebenarnya.

Tayangan Kick Andy pada episode”mengejar ilmu hingga akhir hayat”, memberikan inspirasi luar biasa pada kita tentang perjalanan hidup beberapa narasumber yang sebenarnya secara usia sudah tidak muda lagi tapi dengan penuh semangat terus menuntut ilmu. Misalnya Titin Retnoningsih Agus lubis, beliau yang saat ini berusia enam puluh dua tahun tercatat sebagai mahasiswa Desain Interior Universitas Trisakti. “Sering kali saya dikira dosen. Banyak dosen yang akan mengajar di kelas balik lagi karena dikira sudah ada dosennya di dalam kelas”, kata Titin sambil terbahak mengenang masa masa kuliahnya. Lain lagi dengan Nur Hayani yang akrab dipanggil mami Yance, kendati dokter memvonisnya mengidap stroke mata dan terancam mengalami kebutaan, ia keukeuh melanjutkan kuliahnnya di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Karena kegigihanya Nurhayani berhasil meraih gelar Sarjana pada usia enam puluh satu tahuan. Cerita lain datang dari desa Sukawijaya kabupaten Bekasi Jawa Barat. Sejumlah nenek nenek yang tergabung dalam majelis ta’lim Al Mubarok setiap hari belajar membaca dan menulis huruf latin. Usia senja dan kesehatan yang terganggu tidak mereka jadikan alasan untuk berhenti menuntut ilmu. Narasumber lain yang hadir saat itu adalah Majedi Hasan, kakek yang baru menyelesaikan kuliah doktoralnya pada usia tujuh puluh empat tahun, Toety Kakiailatu yang harus pulang pergi Jakarta - Yogyakarta untuk menyelesaikan kuliah S3 nya di Universitas Gajah Mada pada usia tujuh puluh dua tahun

Dari orang orang yang disebutkan diatas kita sudah sepantasnya meneladani tentang semangat hidup yang tak pernah padam untuk terus menambah wawasan dan pengetahuan. Karena sejatinya ketika usia manusia makin bertambah maka akan menurun pula daya ingatnya. Untuk mempertahankan daya ingat agar tetap tajam maka gunakanlah untuk terus berfikir hal hal positif dan belajar. Menghabiskan usia senja dengan kegiatan kegiatan bermanfaat akan membuat jiwa bersemangat dan disanalah rahasia awet muda yang sesungguhnya.

2 komentar:

Siipp .. makasih infonya ...

weis v3 ol selalu...^_^ dooitashimashite

YANG PALING KEREN SEDUNIA

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget by Suriyadi
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Tags

Blog Archive

Arsip Blog