14 Desember, 2010

GARUDA SIAGA

Posted by Suguh Selasa, Desember 14, 2010, under | No comments

Tim Nasional Indonesia kembali akan berlaga dalam lanjutan AFF Cup 2010. Setelah menggasak Malaysia, laos dan Thailand dibabak penyisihan group A, disemifinal Firman Utina dan kawan kawan ditantang Filipina. Kendati kedua pertandingan semifinal digelar di Jakarta pada 16 dan 19 Desember mendatang, para ponggawa garuda sudah semustinya tetap waspada.

Lantaran Kiprah Filipina pada AFF Cup kali ini terbilang fenomenal. Skuad Simon McMenemy berhasil mengalahkan tuan rumah Vietnam 2-0 pada fase penyisihan Grup B. selanjutnya mereka menahan imbang Myanmar 0-0 dan Singapura 1-1. Dalam sejarah AFF Cup inilah kali pertama Filipina melaju ke babak semifinal.

Kesuksesan Filipina tak lepas dari ikhtiar naturalisasi yang mereka lakukan. ‘Tim bajak laut’ merekrut delapan pemain asal Inggris. Diantaranya ialah Robert James Dazo Gier yang sempat membela tim liga Premier Inggris Wimbeldon pada musim kompetisi 1999-2000. Selain itu terdapat pula James Younghusband. Striker berusia 23 tahun ini merupakan pemain binaan Chelsea. Di tim sebelumnya ia menjadi pemain tim cadangan dengan bermain sebanya 62 kali dan mencetak 14 gol. Dibawah mistar gawang terdapat Neil Leonard Dula Etheridge, pemain Inggris keturunan Filipina. Neil pernah bermain untuk tim nasional U-16 Inggris. saat ini ia merumput untuk Fulham.

Selain nama nama tadi, Filipina masih Jason De Jong yang menjadi gelandang, Ray Anthony Jonsson di bek kiri, Manuel Ott. sebagai Gelandang, dan Alexander Charles Luis Borromeo berposisi sebagai gelandang bertahan. “Mereka memiliki pertahanan yg bagus. Jadi mereka akan menyulitkan kami di dua pertandingan semifinal nanti,” kata Riedl. Sementara direktur teknis PSSI Sutan Harharah mengatakan dengan kekuatan delapan pemain naturalisasi Filipina memiliki kualitas istimewa. Duo Younghusband, James dan Phill misalnya, meski tak didukung pemain tengah mampu menerobos ke jantung pertahan lawan.

Optimis
Kendati akan menghadapi ujian berat, rasa optimis tetap dirasakan insan sepak bola nasional. Pelatih Persija Jakarta Rahmad Darmawan mengatakan, “Saya yakin timnas dapat memetik kemenangan dari Filipina karena materi pemain yang ada saat ini sangat menyakinkan." Menurutnya. Masih kata Rahmad, “Saya berharap pemain tidak terbebani atas besarnya pengharapan masyarakat terhadap mereka. Jika mereka terbebani, tentunya permainan seperti babak penyisihan tidak akan keluar," sementara mantan pelatih timnas Benny Dolo menjagokan Indonesia dengan prosentase 55: 45.


Sumber
http://witho-sang-pembual.blogspot.com/2010/12/prediksi-indonesia-vs-filipina.html
http://www.tribunnews.com/2010/12/09/mengintip-kekuatan-timas-filipina
http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/12/11/pelatih-timnas-indonesia-akui-filipina-kuat
http://bola.liputan6.com/international/201012/311213/Rahmad.Darmawan.6040.untuk.Indonesia
http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2010/12/10/brk,20101210-298021,id.html

0 komentar:

YANG PALING KEREN SEDUNIA

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget by Suriyadi
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Tags

Blog Archive

Arsip Blog