13 Juli, 2011

Ini Dia Resep Juara Persipura

Posted by Suguh Rabu, Juli 13, 2011, under | No comments

Oleh Suguh Kurniawan

diterbitkan di situs berita sidomi.com

Kedigjayaan Persipura Jayapura dalam pentas sepak bola nasional memang tak terbantakan lagi. Kendati kompetisi belum usai tim mutiara hitam-julukan Persipura, memastikan meraih gelar juara Liga Super Indonesia musim 2010/1011. Selain didukung oleh faktor teknis, ternyata terdapat pula faktor lain yang membuat Titus Bonai dan kawan kawan berhasil menjadi yang terbaik.

Kebersamaan menjadi kunci penting. Hal itu dikatakan oleh mantan bintang Persipura Rully Nere. “Managemen berhasil mengelola dan menciptakan rasa kekeluargaan yang begitu erat diantara pemain, pelatih, dan official tim. Ini yang membuat pemain selalu berusaha tampil maksimal saat pertandingan,” . sebagai contoh menurut Rully, bila ada pemain yang cedera, manajemen selalu memantau dan memerhatikan pemain tersebut.

Hal itu membuatnya termotivasi untuk berlaga kembali. Lebih jauh Manajemenpun merangkul keluarga para pemain hingga tidak muncul kesan minder dan diskriminatif diantara mereka. Hal tersebut diamini oleh Pelatih Jacksen Fereirra Tiago, “Kebersamaan dari anak-anak yang dibangun sejak lama. Selain itu, banyak penderitaan yang dialami di Papua sehingga sepak bola yang menjadi kebanggaan. Itu yang membuat mereka bermain dengan hati yang membara.”

kerendahan hati menjadi faktor pendukung selanjutnya. Hal tersebutlah yang ditamankan oleh Jacksen ketika timnya bermain. Karena menurut Pria kelahiran 28 Mei 1968 ini, kendati anak anak asuhnya memenangi pertandingan dengan susah payah, dirinya mengingatkan agar mereka tak terjebak dengan banyak pujian. Begitu juga yang dikatakan oleh Boaz Salosa, dalam sebuah kesempatan bintang Persipura itu berujar, “Kami tak ingin sombong dan berusaha untuk tetap rendah hati.”

Karenanya sentuhan rohani menjadi amat kentara dalam tubuh Persipura. Bila tim akan bermain maka didatangkan pendeta pada malamnya. Di Papua ada enam atau tujuh Pendeta yang memimpin ibadah mereka. Seandainnya ada pemain yang menghadapi persoalan maka pendeta tersebut berdoa khusus buatnya. Begitupun bila tim melakukan laga tandang. Merekapun mendatangkan pendeta.

Baik ketika rapat atapun menutup rapat pertandingan selalu disebebut nama Tuhan dan dibacakan ayat Al Kitab. “ Biarkan Tuhan bekerja. Kalian tingggal bekerja dengan sepenuh hati. Tuhan akan buka jalan hasil yang kita inginkan. Ujar Jacksen pada para pemainnya. Dua hal diatas rupanya yang membuat Persipura sukses juara namun tak serta merta berubah jadi Jumawa.

Sumber

http://tabloidjubi.com/index.php/daily-news/lego/12664-rully-nere-kebersamaan-kunci-sukses-persipura.html

http://bola.kompas.com/read/2011/03/23/0747359/Jacksen.Pemain.Papua.Perlu.Pendekatan

http://soccerfact.com/2011/06/11/jackson-f-tiago-menggagas-persipura-yosim-samba-dari-timur/

0 komentar:

YANG PALING KEREN SEDUNIA

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget by Suriyadi
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Tags

Blog Archive