21 Januari, 2012

Teknik Teknik Nyontek Ala Mahasiswa

Posted by Suguh Sabtu, Januari 21, 2012, under | 2 comments


Tulisan ini mendapat Anugrah Aktivis Award dari situs jadiberita sebagai juara ke tiga pada Januari 2012

Ini adalah hasil riset saya selama dua tahun soal kebiasaan menyontek waktu ujian yang dilakuin sama mahasiswa. Inget loh siswanya udah ‘maha’. Buat adik adik SD-SMP-SMA please don’t try this at class. Pede aja, kerjain semua soal sebisa mungkin, soalnya di Negri ini udah kebanyakan koruptor.



1. Yang paling umum, nanya temen yang duduk kiri, kanan atau depan. mahasiswi cantik bisa tebar pesona, ngegoda sekaligus nanya mahasiswa pinter. Yang kegeeran mahasiswa pinter ngga nyadar kalo dia lagi dimanfaatin. Mahasiswi biasa biasa aja bisa memelas, maksa atau kalo ngga dikasih tau juga biasanya suka nyakar.

2. Kelengahan pengawas dijadiin kesempatan. Malah Ada juga pengawas yang justru keluar ruangan padahal waktu ujian belum selesai. Alasannya adalah,
Beliau kebelet pipis en ngga bisa nahan. As soon as posible harus segera menunaikan hajat ditoilet.
(Sengaja atau tidak) bentuk kasih sayang sama mahasiswa yang lagi “berjibaku” nyelesein soal soal dilembar jawaban. Kalo pengawas sengaja keluar ruangan lima menit aja, Mahasiswa yang lagi menderita itu bisa share jawaban ama temen2nya. Semacam simbiosis mutualisme, mahasiswa pastinya senang pengawas rajin ‘beramal’ kaya gini.

3. Ngerumus juga umum. Tapi tekniknya beda beda,
Mahasiswa cewe biasa nyembunyiin rumusan mereka dicermin make up. Seolah olah lagi ngaca padahal lagi nyontek. Bisa juga disempen dikotak pinsil atau dibawah rok.
Mahasiswa cowo nulis rumus atas dibangku terus ditutupin pake soal ujian. Semacam kamoflase gitu deh (teknik lama yang sebenernya udah basi)
Modul ama buku catetan emang ngga dibawa masuk ruangan. Rumusan juga ngga bikin, tapi salah satu temen kita punya cara smart. dia nanya pacar atau temennya nun jauh disana yang udah siap sedia sama kunci jawaban Via SMS. Tentu aja SMSannya diem diem.

4. buka kamus elektrik (bahasa jepangnya DENSHI JITEN) pas ujian bahasa asing (Inggris atau Jepang). Karena bentuknya kaya handphone, pengawas (polos) ga akan nyadar klo benda yang diutak atik waktu ujian itu kamus.

5. buka buku terang terangan dengan asumsi pengawas orang dekat seperti: pak de, bu de, tante, om, temen atau pacarnya temen.

6. Pengawas TOLOL malah nyuruh mahasiswa buka buku waktu ujian. Damn !!!!kasih sayang salah kaprah ya, pengawas kaya gini kata Soe Hok Gie, “LAYAK MASUK KERANJANG SAMPAH.”

segitu aja dulu posting saya. nanti disambung lagi. Terakhir jadi inget kampanye anti nyontek di ITB yang bilang,

“CHEATTER TODAY CORRUPTOR TOMORROW”

So keep clean waktu ujian

2 komentar:

waw...nyontek ada tehniknya ya??

kalo berdasarkan pengalaman selama ini sih ada Popi.

YANG PALING KEREN SEDUNIA

TRANSLATE THIS BLOG

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget by Suriyadi
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Tags

Blog Archive

Arsip Blog